Sabtu, 13 Oktober 2018

Mitos-mitos Orang Tomia (Wakatobi) Tentang Hewan

Mitos-mitos Orang Tomia (Wakatobi) Tentang Hewan

  Mitos adalah cerita tradisional mengenai sesuatu yang berhubungan dengan peristiwa gaib. Setiap bangsa atau suku diberbagai belahan dunia memiliki mitos-mitosnya tersendiri. Seperti halnya di Indonesia yang terdiri dari berbagai suku-suku sehingga kaya budaya maupun yang berkaitan dengan mitos-mitos. Dalam lingkungan masyarakat mitos bisa berkaitan dengan benda-benda, legenda, fenomena alam, hewan, perilaku dan lain sebagainya. Berikut ini ada beberapa mitos masyarakat Tomia Wakatobi tentang hewan:

1. Burung Kongka ( Brung Gagak)


Hasil gambar untuk burung gagak
Gambar: Burung Kongka

    Sebagain besar masyarakat Indonesai menganggap burung gagak adalah hewan yang   sering diakitkan dengan hal-hal yang mistis. Sama halnya dengan sebagaian masyarakat   Tomia   yang percaya bahwa burung  kongka merupakan burung mistis. Konon katanya jika  burung gagak   hinggap pada sebuah rumah dipercaya penghuni rumah akan mengalami kesusahan atau ada saudara   penghuni rumah  diperantauan mengalami kesusahan.

2. Burung Kadolabeka (Burung Hantu)


Hasil gambar untuk burung hantu
Gambar: Burung Kadolabeka

   Burung hantu merupakan hewan yang aktif pada malam hari. Sebagian masyarakat Tomia percaya bahwa kemanapun burung hatu terbang selalu diikuti hantu. Jika burung hantu hinggap atau melewati rumah-rumah di percaya hantu yang mengikutinya akan singgah kerumah yang dilewatinya. Oleh karena itu jika ada burung hantu yang hinggap atau melewati sebuah rumah warga maka penghuni rumah tersebut biasanya akan berdoa agar rumahnya dilindungi.

3. Loma (Kupu-kupu)


Gambar: Loma

   Pada umumnya orang-orang menganggap kupu-kupu sebagai serangga yang yang cantik, namun dibalik itu masyarakat pulau Tomia menganggap kupu-kupu sebagai hewan pembawa kabar.  Konon katanya jika kupu-kupu masuk kedalam rumah tandanya akan ada sudara yang datang  menginap atau berkunjung.

4. Nguli-nguli/khoniki (kelelawar)


Gambar: Khoniki

kelelawar merupakan hewan yang aktif mencari makan pada malam hari. Kelelawar banyak ditemukan di kepulauan Wakatobi. Konon katanya kelelawar dahulunya adalah tikus namun karena membuat sayap agar mudah mencari makan sehingga lama-kelamaan menjadi kelelawar sampai saat ini.

5. Rusa
Misto rakyat Tomia berdasarakan dongeng, rusa pada awalnya tidak bertanduk tanduk rusa dicuri dari anjing maka tak heran anjing dan rusa sering bertengkar karna konon anjing marah karena tanduknya dicuri

6. Beka (kucing)
Kucing hewan yang dikeramatkan, dahulu ketika musim kemarau panjang, maka masyarakat memandikan kucing, agar hujan turun. Mitos lain tentang kucing dikisahkan pada zaman dulu Tomia adalah lautan kemudian menjadi daratan setelah air laut didorong oleh kucing. Selain kisah mitos kucing sangat dihormati karena dengan menghormati kucing maka orang tersebut akan selamat dari neraka karena kucing akan menjulurkan ekornya untuk mengeluarkan dari neraka.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar