Sabtu, 29 September 2018

JENIS PERMAINAN TRADISIONAL TOMIA (WAKATOBI)

1. Permaian Kano
Hasil gambar untuk main patok lele

2. Permainan Gasi
Hasil gambar untuk gangsing kayu
3. Permainan Kaoda-kaoda

4. Permainan Bangkili
5. Permainan Kuti
    Permainan Kuti adalah permainan kelereng.
6. Permainan Gatta
    Permainan gatta adalah permainan karet
7. Permainan okko-okko
    Permainan okko-okko adalah permainan petak umpet.
8. Pemainan Hatofala
    Hatofala adalah permainan layang -layang yang merupakan kebiasaan anak-anak pulau Tomia saat      menyambut musim angin kencang.
9. Permainan Pobiti
Gambar: Permainan adu betis (pobiti)

Pobiti adalah permainan adu betis yang merupakan jenis permainan adu ketangkasan. Tak heran permainan ini kebanyakan dimainkan oleh pria dewasa. Permainan Pobiti selain untuk adu ketangkasan permainan ini juga menjadi hiburan rakyat Tomia, permaianan ini juga bisa ditemukan di sulawesi selatan. Saat ini di Tomia permainan ini sudah jarang dijumpai, namun dulu permainan ini sangat populer dikalangan anak muda. Permainan ini biasanya dilakukan ditempat terbuka pada umumnya dilapangan yang biasanya permaian pobiti dimainkan pada waktu sore hari. Untuk cara bermain yaitu salah satu pemain berdiri sambil menada betis lalu lawan main menendangnya. Saling menendang betis tersebut dilakukan secara bergantian oleh kedua pemain hingga salah satu dinyatakan kalah apabila salah satu pemain tidak mau lagi melanjutkan permainan. 

10. Permainan Gundu-gundu Lepa
Gambar: Bola Pasir (Gundu-gundu lepa)

Gundu-gundu Lepa adalah permainan bola yang terbuat dari pasir dasar laut yang halus, hal ini karena pasir dasar laut bisa menyatu dan mudah dibentuk menyerupai bola. Untuk cara bermain bola pasir sangatlah mudah berikut penjelasannya:
1. kumplkan pasir laut yang masih basah 
2. buat bola pasirnya hingga berbentuk bulat kemudian ditekan-tekan agar kadar airnya berkurang       hingga bolanya mengeras.
3. setelah yakin bola pasir telah mengeras maka bola pasir tersebut siap untuk diadu dengan   menabrakkan 2 bola pasir hingga salah satu pecah.
4. jika bola pasir lawan sudah pecah maka bola pasir lawan telah kalah.

11. Ase


Tidak ada komentar:

Posting Komentar